Selasa, 10 Januari 2012

Gua Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa


GUA MARIA Bunda Pelindung Segala Bangsa dibangun di atas sebuah bukit yang bernama Bukit Mo Thian Liang (berarti : bukit menggapai langit). terletak di utara pulau bangka, di kota Belinyu, Paroki Belinyu, Keuskupan Pangkalpinang di Pulau Bangka.
 Harapan umat paroki Belinyu untuk memiliki Gua Maria telah muncul sejak tahun 1988 yang saat itu dipimpin oleh Pastur WH. Lambregts SS.CC. Setelah pergantian Pastor paroki beberapa kali, barulah harapan itu terwujud. Sebuah keluarga bermurah hati menyerahkan sebidang tanah di lahan perbukitan Moh Thian Liang. Pekerjaan awal pembangunan dimulai tanggal 8 Februari 1997.

Peletakkan patung Bunda Maria disesuaikan dengan mimpi iman yang dialami Pastor Marcel Arnould MEP sebanyak 3 kali. Dalam mimpi, Partor Marcel melihat Gua Maria terletak di sebuah bukit yang kalau tanahnya digali akan ditemukan tiga batu, satu berbentuk seperti altar dan dua batu lainnya membentuk tangan yang terkatup.
 Pastur Marcel segera menangkap “pesan iman” dalam mimpinya itu. Lokasi tersebut digali dan ditemukan sebuah batu besar. Batu itu diletakkan di depan patung Bunda Maria. Meski pembangunan sempat berhenti akibat krisis moneter, pada tanggal 8 Desember 1999 Gua Maria secara resmi diberkati oleh Uskup Pangkalpinang. Saat itu bertepatan dengan Pesta Pelindung Paroki Belinyu "Santa Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda". Gua Maria itu dinamakan "Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa".

Jalan salib bisa dilaksanakan siang atau malam hari di belakang Gua Maria. Telah tersedia lampu penerangan untuk malam hari. Kondisi tempat ini sangat tenang karena berada di hutan alami yang telah dirancang sedemikian rupa untuk prosesi Jalan Salib dengan 15 titik pemberhentian. Umat yang membutuhkan Romo Pendamping bisa menghubungi Pastoran Paroki Belinyu Santa Perawan Maria Yang Dikandung Tanpa Noda
Jadwal Misa Gua Maria Belinyu dilakukan setiap Jumat Pertama jam 18.00 dan Jumat setelah Minggu III jam 19.00. Sedangkan jadwal Misa di Gereja Paroki Belinyu : sabtu jam 18.00, minggu jam 07.00, misa harian jam 05.45.

INFO GUA MARIA BUNDA PELINDUNG SEGALA BANGSA
Alamat/Lokasi: Bukit Mo Thian Liang (Bukit Menggapai Langit), Belinyu - Bangka (90 km dari Pangkal Pinang) - Paroki St. Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda
Alamat Surat : Gereja Katolik, Jln. Mayor Syafri Rahman No. 107 Belinyu 33254, Pulau Bangka Telp. (0715) 321331 [PASTORAN KATOLIK BELINYU]
Penginapan Susteran : Susteran KKS Jln. Mayor Syafri Rahman No. 107 Belinyu, Pulau Bangka Telp. (0715) 321331  (Kapasitas 20 Orang)
Penginapan Heritage : Jln. Mayor Syafri Rahman No. 102 (Samp SD St. Agnes) Belinyu, Pulau Bangka Telp. (0715) 321331 (Kapasitas 20 Orang)